Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sesjen Paparkan Capaian Program Transformasi Kelembagaan Kemenkeu

Jakarta, 27/07/2016 Kemenkeu – Kementerian Keuangan telah mencatatkan berbagai capaian melalui program Transformasi Kelembagaan. Di hadapan para Duta Transformasi Kelembagaan pada Selasa (26/07) di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta, Sekretaris Jenderal Hadiyanto memaparkan berbagai capaian tersebut.

Pertama, Kementerian Keuangan telah bertransformasi menjadi organisasi yang mendorong perbaikan kinerja terus-menerus. “Kementerian Keuangan itu sudah transform, dari yang tadinya birokrasi, organisasi biasa, sekarang menuju kepada satu organisasi yang mendorong, mengusung perbaikan kinerja terus menerus,” jelasnya.

Kedua, lanjutnya, Kementerian Keuangan juga bertekad untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Yang tidak kalah penting, Kementerian Keuangan juga terus meningkatkan kualitas kinerjanya dengan berorientasi kepada outcome dan memanfaatkan teknologi informasi. “Yang ketiga adalah kinerja dengan akuntabilitas yang berbasis outcome, pemanfaatan IT, semua itu yang harus kita jalankan,” tambahnya.

Dengan segala capaian tersebut, Kementerian Keuangan saat ini telah menjadi role model bagi kementerian/lembaga lain dalam bidang Transformasi Kelembagaan. Bahkan, beberapa sistem yang diterapkan di Kementerian Keuangan pun mulai diadopsi oleh K/L lain. “Banyak capaian kita yang sekarang di-benchmark oleh unit lain. BKN (Badan Kepegawaian Negara) sudah akan mengadopsi satu sistem informasi pengelolaan SDM kita,” jelasnya.

Namun demikian, Sesjen menekankan, segala capaian tersebut tidak boleh membuat Kementerian Keuangan lantas berpuas diri. Berbagai terobosan untuk perbaikan organisasi harus terus dilakukan. “Kita harus berpikir lebih keras lagi bagaimana kita bisa melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan kinerja kita. Mungkin bagaimana membuat bisnis proses menjadi jauh lebih sederhana,” ungkapnya.(nv)