Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Setiap Rupiah Harus Berorientasi Hasil

Makassar, 23/03/2017 Kemenkeu  - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo memberikan keynote speech pada acara Sosialisasi Kebijakan Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) dan Knowledge Sharing Keberhasilan Kepala Daerah di Clarion Convention & Hotel, Makassar pada Kamis (23/03).

Wamenkeu menjelaskan bahwa total alokasi TKDD Tahun Anggaran 2017 sebesar 764,9 triliun rupiah yang jumlahnya tahun ke tahun semakin bertambah harus sesuai korelasi dengan peningkatan kesejahteraan. Dengan demikian, diharapkan pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara merata.“Setiap rupiah  harus digunakan untuk kepentingan rakyat dan dirasakan manfaatnya langsung oleh rakyat,” ia menegaskan.

Ia juga menyampaikan arahan dari Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas (Ratas) beberapa hari lalu yang menginginkan segala sesuatu berorientasi pada hasil, bermanfaat langsung untuk rakyat. “Nantinya Presiden tidak ingin Menteri, Gubernur, Bupati, tidak menjadi regulator, tetapi diganti menjadi akselerator sehingga dapat mengimplementasikan secara langsung di lapangan” ujar Mardiasmo.

Sebagai tambahan, acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat yaitu para pimpinan daerah Gubernur, Bupati, Walikota. Seluruh kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah  (BPKAD), Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) dan Balai Pendidikan Masyarakat Desa (BPMD) dari Papua, Maluku, dan Sulawesi. Para pejabat eselon I dan II Kementerian Keuangan yang berasal dari Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB), Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai  (DJBC) serta para akademisi. (tp/nr)