Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Presiden Jokowi saat menerima pimpinan BPK di Ruang Garuda Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (05/12). (Kemenkeu Foto/setkab.go.id)

Setiap Satu Rupiah Uang Rakyat Harus Digunakan Untuk Rakyat

Bogor, 06/12/2017 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pentingnya pengelolaan laporan keuangan oleh setiap Kementerian/Lembaga (K/L). Hal ini yang menandakan setiap Rp1 dana yang dipungut dari rakyat harus dapat dikembalikan untuk kepentingan rakyat.

"Bahwa setiap rupiah uang rakyat digunakan sesuai tanggung jawab, sesuai aturan dan untuk kepentingan rakyat," tegas Presiden.

Demikian disampaikan Presiden dalam acara Persiapan Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2017 dan Institusi Pengelola Keuangan Negara Lainnya dalam Rangka Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik di Istana Kepresidenan, Bogor, pada Selasa (05/12).

Pemerintah berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk tahun anggaran 2016. Presiden berharap agar K/L tidak langsung berpuas diri dan terus meningkatkan kinerjanya.

"Kita tidak boleh puas dengan pernyataan bahwa di tahun 2016 adalah pertama kali predikat WTP diterima pemerintah pusat setelah 12 tahun. Saya kira bukan itu," terangnya.

Di samping itu juga perlu dipastikan agar tidak ada praktik korupsi. Presiden menyebutkan berbagai jenis teknologi yang sudah bisa dimanfaatkan sehingga terhindar dari korupsi.

"Harus benar-benar dipastikan bahwa tidak ada satu rupiah pun uang rakyat dalam APBN yang dikorupsi. Ini perlu digarisbawahi," kata Presiden. (mj/nr)