Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Siap-Siap, E-Billing Mulai Berlaku pada 1 Juli

Jakarta, 01/06/2016 Kemenkeu - Wajib Pajak (WP) harus mulai bersiap dengan sistem pembayaran pajak elektronik atau e-billing system, yang mulai diterapkan per 1 Juli 2016. Dengan e-billing, semua pembayaran pajak dilakukan dengan menggunakan kode billing berupa 15 digit kode angka yang diterbitkan melalui sistem billing pajak.


Dari informasi yang dilansir dari laman Direktorat Jenderal Pajak (DJP), salah satu cara mendapatkan kode billing adalah dengan melakukan registrasi melalui Surat Setoran Elektronik (SSE) pada tautan https://sse.pajak.go.id.


Sementara itu, ada 66 Bank Persepsi yang sudah siap terima pembayaran pajak melalui e-Billing. Di antara ke-66 Bank Persepsi tersebut, terdapat pula Bank-Bank yang juga menyediakan saluran pembayaran dengan e-Billing melalui ATM, Internet Banking (IB), Mobile Banking (MB), serta Electronic Data Capture (EDC).


Untuk menghindari adanya kesalahan saat e-billing sudah diterapkan, WP diharapkan dapat mulai menggunakan e-billing sebelom 1 Juli 2016. Ini ditujukan agar kewajiban perpajakannya dapat tetap terpenuhi dan tanpa kendala, serta terhindar dari sanksi-sanksi perpajakan jika tidak memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai aturan yang berlaku. (as)