Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sidang Tahunan IDB ke-41 Angkat Tema Seputar Infrastruktur dan Keuangan Inklusif

Jakarta, 11/05/2016 Kemenkeu - Sidang Tahunan Islamic Development Bank (IDB) ke-41 akan mengangkat tema ‘Enhancing Growth and Poverty Alleviation through Infrastructure Development and Financial Inclusion’ atau ‘Penguatan pertumbuhan dan Pengentasan Kemiskinan Melalui Pembangunan Infrastruktur dan Keuangan Inklusif’. Selain sejalan dengan tantangan yang dihadapi oleh negara-negara anggota IDB, tema ini juga dinilai sejalan dengan prioritas pembangunan Indonesia tahun 2015-2019.

“Tema tersebut sejalan dengan tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh semua negara IDB, karena sebagian besar negara IDB adalah negara berkembang. Selain itu, tema tersebut juga sejalan dengan prioritas pembangunan Indonesia saat ini, tahun 2015-2019, (karena) terkait dengan infrastruktur dan pertumbuhan yang inklusif,” jelas Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Makro Ekonomi dan Keuangan Internasional Andin Hadiyanto dalam konferensi pers terkait Sidang Tahunan IDB ke-41 yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jakarta pada Rabu (11/5).

Lebih lanjut ia menerangkan, pembahasan terkait infrastruktur dalam sidang tahunan tersebut akan meliputi infrastruktur fisik, seperti konstruksi, transportasi dan energi; maupun infrastruktur sosial seperti pendidikan. Sementara itu, pembahasan terkait keuangan inklusif antara lain mencakup berbagai inovasi yang dilakukan dalam mewujudkan keuangan inklusif dan pembiayaan syariah. “Di dalam keuangan inklusif mencakup mengenai inovasi-inovasi di dalam keuangan inklusif, Islamic trade finance maupun Islamic micro finance,” tambahnya.

Selain itu, melalui forum sidang tahunan tersebut, negara-negara anggota IDB juga akan membahas kerja sama dalam meningkatkan pembangunan serta berbagai upaya yang akan ditempuh untuk mencapai tantangan di sektor infrastruktur.

Sebagai informasi, Sidang Tahunan IDB ke-41 akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 15-19 Mei 2016. Sidang ini akan dihadiri oleh 56 negara anggota IDB dengan lebih dari 2.700 partisipan.(nv)

 

  • Informasi selengkapnya mengenai Sidang Tahunan IDB ke-41 pada tautan ini