Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Silpa Daerah 100 Triliun Setara 1 Persen Terhadap PDB

Jakarta, 10/05/2013 MoF (Fiscal) News - Kementrian Keuangan mengharapkan pemerintah daerah bisa membelanjakan sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) dengan optimal. Pasalnya, akumulasi Silpa daerah sudah mencapai hampir Rp100 triliun atau setara dengan 1 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

"Ini (jumlah) luar biasa, karena Rp100 triliun setara dengan 1 persen terhadap PDB. Kalau Rp100 triliun itu bisa dibelanjakan dampaknya pasti lebih dari 1 persen penambahan PDB-nya karena ada efek ganda atau multiplier effect," ujar Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang P.S. Brodjonegoro di Jakarta, Rabu (8/5).

Besarnya Silpa di daerah ini, sambungnya, masalahnya hampir sama dengan di pusat karena adanya penumpukan anggaran di akhir tahun. Apalagi, dengan adanya Dana Bagi Hasil (DBH) dari pusat berupa Sumber Daya Alam (SDA) dan pajak, sehingga tidak sempat dibelanjakan pada tahun anggaran berjalan. "Kalau di pusat tahun lalu Silpa-nya sekitar Rp30 triliun tapi kan sudah masuk ke Sisa Anggaran Lebih (SAL)," ungkapnya.

Ia mengharapkan di tahun ini realisasi belanja pemerintah pusat maupun daerah bisa berada di atas 90 persen. "Sekarang sudah mulai terasa ada percepatan, mudah-mudahan lebih dari 90 persen bisa tercapai," pungkasnya. (ans)