Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sinergi BI dan OJK Jaga Perekonomian Nasional



Jakarta, 08/01/2014 MoF (Fiscal) News - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat bersinergi untuk terus menjaga dan mewujudkan kondisi perekonomian nasional yang sehat. Demikian diungkapkan Gubernur BI Agus Martowardojo dalam keterangan pers, seusai diterima Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta pada Selasa (7/1).

Presiden mengatakan, BI dan OJK adalah institusi yang independen dalam menjalankan fungsi masing-masing secara independen. Namun, sinergi, konsultasi dan kerja sama dengan elemen lain di pemerintahan tetap penting untuk mengatasi berbagai masalah perekonomian. “Kita mendapatkan pandangan dari Bapak Presiden tentang pentingnya koordinasi antarlembaga, baik dalam suasana normal ataupun suasana yang memerlukan perhatian khusus,” imbuhnya. Gubernur BI menambahkan, Presiden juga mengingatkan tentang pentingnya sinergi, konsultasi, dan kerja sama, namun dengan tetap menghormati kewenangan masing-masing lembaga.

Presiden berharap BI dan OJK senantiasa membangun koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait di bidang keuangan melalui Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK), yang terdiri dari Pemerintah, BI, OJK dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS),  dalam mencermati perkembangan serta dinamika global. "Indonesia dapat melewati krisis beberapa waktu lalu karena ada koordinasi yang baik dan melibatkan stakeholders yang ada," katanya.(ak)