Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sinergi untuk Pembangunan yang Merata

Mataram, 17/03/2017 Kemenkeu –Badan Kebijakan Fiskal (BKF) menyelenggarakan Seminar Forum Ekonom Kementerian Keuangan yang diawali dari kota Mataram. Rangkaian acara akan diselenggarakan di 15 kota berbeda di seluruh Indonesia. Bertempat di aula gedung Magister Manajemen Universitas Mataram pada Kamis (16/03), seminar  dihadiri oleh mahasiswa, asosiasi serta akademisi.


Kepala Pusat Kebijakan APBN BKF Rofyanto Kurniawan menyatakan walaupun ekonomi Indonesia pada beberapa tahun terakhir telah mengalami peningkatan, namun tetap masih terjadi ketimpangan secara horizontal dan disparitas antar daerah. Ia berharap pemerintah di daerah  juga terus berupaya untuk menurunkan kemiskinan dan ketimpangan. “Intinya untuk bisa mewujudkan pembangunan yang merata dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak,”ungkapnya.


Selanjutnya Kepala Subdirektorat Mitigasi Risiko APBN Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR)  Riko Amir  memaparkan bahwa untuk mengurangi ketimpangan perlu dibangun berbagai infrastruktur  yang  dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Pembangunan terutama untuk pelayanan publik seperti pembangunan pasar, sarana kesehatan, jalan dan sebagainya. “Pembiayaan infrastruktur tidak melulu  mengenai infrastruktur ekonomi, tapi ada beberapa infrastruktur lainnya yang lebih dekat dengan kehidupan kita sehari-hari,” jelasnya.


Acara ditutup oleh Ekonom Kementerian Keuangan Provinsi Nusa Tenggara Barat Mansur Afifi dengan memberi masukan untuk pemerintah pusat, “Pemerintah perlu memastikan terlaksananya prinsip tata kelola pemerintahan yang baik sehingga tercipta pemerintahan yang bersih (clean government), efisien dan bebas korupsi,” pungkasnya. (ib/nr)