Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sistem Keuangan Islam Terkait Erat dengan Perekonomian dan Keuangan Negara

 

Jakarta, 18/07/2011 MoF (Fiscal) News - Sistem keuangan Islam memiliki keterkaitan yang erat dengan perekonomian dan keuangan suatu negara. Demikian diungkapakan Wakil Presiden RI Boediono di sela-sela pidato pembukaan Joint High Level Conference on Islamic Finance yang diprakarsai oleh Bank Indonesia pada Senin (18/07).

Wapres juga menilai, produk keuangan syariah memiliki berbagai keunggulan, terutama untuk menopang pertumbuhan ekonomi suatu negera, mengingat sistem keuangan syariah telah menyatu dengan sistem keuangan global. "Sistem keuangan Islam telah berintegrasi dengan sistem keuangan dunia (global),” papar Wapres. “Melalui konferensi ini, diharapkan pimpinan Bank Sentral baik dari Indonesia maupun Malaysia beserta para praktisi keuangan Islam lainnya dapat bertemu dan membahas berbagai isu strategis perkembangan sistem keuangan Islam di tengah-tengah sistem keuangan global,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Bank Negara Malaysia Zeti Akhtar Aziz mengatakan, industri ekonomi syariah kini telah berkembang pesat dan menjadi bagian penting transaksi lintas Negara. Kerja sama tersebut diharapkan dapat menciptakan peluang strategis untuk mengembangkan industri keuangan dan meningkatkan transaksi lintas negara Islam.(ak)