Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sosialisasi Diklat PBB P2 dan BPHTB Diselenggarakan di 28 Provinsi

Pemda Belum Siap Hadapi Pelimpah

 

Sosialisasi Diklat PBB P2 dan BPHTB Diselenggarakan di 28 Provinsi

 

 

Jakarta, 26/10/2010 MoF (Fiscal) News – Kepala Subbidang Kurikulum dan Metodologi Pembelajaran Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pajak Wawan Ismawandi melalui surat elektronik pada Selasa (26/10) menyampaikan bahwa pelaksanaan sosialisasi diklat Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) berbasis e-learning kepada Pemerintah Daerah (Pemda) seluruh Indonesia diselesaikan dalam waktu 2 minggu.

"Proses sosialisasi diselesaikan dalam waktu
dua minggu.  Dari 33 provinsi, 28 provinsi dapat dilakukan sosialisasi," ujarnya. Menurut Wawan , peserta sosialisasi diperkirakan sesuai terget, yaitu 1000 orang.  Dari data registrasi yang telah diinput per tanggal 22 Oktober 2010 (data berasal dari 24 provinsi) sebanyak 894 orang.  Diperkirakan akan ada tambahan 100 orang dari empat provinsi yang belum terinput," jelasnya. Ia juga menyampaikan bahwa Pemda dan para peserta Learning Management System (LMS) memberikan respon positif dalam menyikapi program ini.

Sementara itu, hal-hal
yang menjadi perhatian Pemda antara lain mengenai kesiapan mereka dalam mengelola PBB dan BPHTB serta aplikasi Sistem Informasi Manajemen Objek Pajak (SISMIOP). Selain itu, pemda juga menghadapi persoalan keterbatasan koneksi internet dalam mengakses materi serta persyaratan usia dan pangkat.(adt)