Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

SPAM Umbulan Berhasil Capai Financial Closing

Jakarta, 04/01/2017 Kemenkeu – Pemerintah dan Badan Usaha berhasil mempercepat salah satu Proyek Strategis Nasional yaitu Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan, yang dilaksanakan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK).


SPAM Umbulan mencapai financial closing lebih cepat 6 bulan dari target awal, yaitu telah dilaksanakan pada Jumat (30/12) lalu. “Pemerintah sangat mensyukuri apa yang kita lakukan hari ini, karena ini merupakan lambang dari berhasilnya sebuah kerja sama. Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi untuk itu,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).


Proyek ini mendapatkan dukungan pemerintah berupa Viability Gap Funding (VGF) senilai investasi yang mencapai Rp4,51 Triliun. Proyek SPAM Umbulan ini memanfaatkan sumber air yang berada di Kabupaten Pasuruan dan berkapasitas 4.000 liter air per detik. Nantinya, air tersebut akan dialirkan untuk Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik.


Menurut Darmin, keterlibatan pihak swasta atau dunia usaha amat diperlukan khususnya dalam pengerjaan proyek-proyek sejenis. “Kami juga ingin mengundang pemerintah daerah untuk mengupayakan proyek-proyek seperti ini. Kita tidak bisa hanya mengandalkan APBN dan APBD. Kita perlu ikut sertakan swasta atau dunia usaha untuk mengerjakan proyek khususnya yang berbentuk pelayanan dasar,” jelasnya, seperti dikutip melalui laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Rabu (04/01). (as/rsa)