Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sri Mulyani dan Menkeu Tiongkok Bahas Penghindaran Pajak

Jakarta, 20/06/2017 Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati baru saja kembali dari lawatan ke Korea Selatan dalam rangka acara Annual Meeting The Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Menurut Menkeu, salah satu pertemuan bilateral yang ia lakukan adalah bertemu dengan Menteri Keuangan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xiao Jie.


“Di AIIB, saya bertemu dengan Menkeu RRT, di mana saya mendiskusikan tentang tax avoidance dan tax evasion. Kebetulan Menteri Keuangan-nya RRT yang baru bekas dirjen pajak-nya disana dan Wakil Menkeunya adalah yang selama ini mengangani masalah restitusi PPN yang disalahgunakan. Jadi saat kita bicara tentang perpajakan kita bisa bicara sangat detail,” jelasnya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta pada Senin (19/06).


Menurut Menkeu, permasalahan penghindaran pajak tidak hanya menjadi permasalahan Indonesia sendiri. Banyak negara-negara di dunia juga mengalami hal serupa. Oleh karena itu, kerja sama secara internasional sangat penting untuk segera dilakukan. “RRT negara yang tax ratio lebih besar dari kita mereka juga mengalami tax evasion dan tax avoidance. Belum  lagi negara-negara Eropa seperti Jerman dan Prancis,” ungkapnya. (as/dns)