Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Stabilitas Keuangan Triwulan I Tahun 2017 Normal

Jakarta, 28/04/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan hasil rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) pada Konferensi Pers di Lobby Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan pada Kamis (27/04). Menurutnya, dalam rapat tersebut disimpulkan bahwa kondisi stabilitas sistem keuangan triwulan I tahun 2017 berada dalam kondisi normal. Ini berdasarkan hasil pemantauan dan penilaian terhadap perkembangan moneter, fiskal, makroprudensial, sistem pembayaran, pasar uang, pasar Surat Berharga Negara (SBN), perbankan, lembaga keuangan non bank dan penjamin simpanan.


“Kondisi normal tersebut ditopang antara lain oleh tingkat inflasi yang terjaga, tingkat permodalan dan likuiditas perbankan yang mulai menunjukkan peningkatan, risiko industri perbankan yang terkendali dan nilai tukar Rupiah yang masih terjaga. Juga, kinerja SBN yang berada dalam rentang normal serta penguatan pada pasar saham,” jelas Menkeu.


Ke depan, stabilitas sistem keuangan diperkirakan akan tetap terjaga dengan baik seiring optimisme IMF yang merevisi pertumbuhan ekonomi global ke atas dan pemilu di Perancis yang menunjukkan harapan ke arah kebijakan positif. Namun demikian, KSSK menilai masih terdapat potensi risiko baik eksternal maupun domestik yang perlu dicermati.


“Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan terus melakukan respon kebijakan yang diperlukan agar stabilitas sistem keuangan tetap terjaga dan senantiasa mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” tambah Menkeu.


Sebagai informasi, dalam rapat KSSK kali ini, keempat anggota KSSK menandatangani Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Program Pengembangan Kompetensi Pegawai yang akan ditindaklanjuti secara konkret dalam perjanjian kerja sama antar lembaga anggota KSSK. (ip/nr)