Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Stranas Percepatan Pengarusutamaan Gender Diluncurkan

Jakarta, 05/03/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Armida S. Alisjahbana melakukan peluncuran dan sosialisasi Strategi Nasional Percepatan Pengarusutamaan Gender Melalui Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (Stranas PUG PPRG). Menurutnya, Stranas dapat meningkat peran perempuan dalam kehidupan bangsa.

Armida menilai, Stranas PUG PPRG dapat menjadi masukan bagi semua pengambil keputusan di Indonesia baik pusat maupun daerah. Peran perempuan dimaksimalkan untuk meningkatkan potensi mereka dalam mempercepat penurunan angka kemiskinan. "Implementasi Stranas PUG PPRG akan mengatur bagaimana penduduk perempuan yang potensinya besar secara jumlah, peran, pendidikan, penanggulangan kemiskinan, peran sebagai istri dan ibu dapat berkembang," terang Armida.

Memaksimalkan peran perempuan dapat dimulai dari bidang pendidikan seperti dengan memastikan semua anak perempuan memiliki akses ke pendidikan, supaya tidak putus sekolah melalui pendidikan dasar 9 tahun dan PMU 12 tahun. Pemberian beasiswa tidak cukup hanya untuk siswa miskin. Anak-anak perempuan dari keluarga miskin juga wajib diperhatikan. "Saat ini jumlah perempuan Indonesia adalah sekitar separuh dari 240 juta penduduk, dan itu menyimpan potensi yang begitu besar," imbuhnya.

Para perempuan juga harus mendapatkan akses yang luas dalam pemberdayaan ekonomi seperti mendapatkan dana bergulir dan kredit mikro. Armida mengatakan pemberdayaan ekonomi melalui perempuan akan memberikan dampak yang baik bagi keluarganya. "Perempuan jika diberi modal bisa mengembangkan usaha dan UMKM. Penghasilan itu bisa dipakai sebagai tambahan dana untuk keluarga, sekolah anak, pakaian," tuturnya. (ak)