Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Subsidi Angkutan Umum Belum Bisa Diberikan Tahun Ini

Jakarta, 25/6/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menyatakan bahwa hingga saat ini, tidak ada subsidi langsung yang diberikan kepada angkutan umum. Hal ini disebabkan karena pemerintah fokus pada program-program perlindungan sosial seperti Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dan Program Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial (P4S).

“Dalam penganggaran kemarin, kita lebih fokus pada social protection. Kemudian juga situasi fiskalnya sangat berbeda dengan tahun lalu. Di mana sekarang kalau tidak dilakukan apa-apa defisitnya bisa masuk ke angka 3,8 persen,” kata Menkeu, Senin (24/6).

Menkeu mengatakan, ruang fiskal tahun ini tidak memberi terlalu banyak support berupa subsidi langsung kepada angkutan umum. Tetapi, tidak tertutup kemungkinan subsidi semacam ini bisa diberikan pada tahun 2014, mengingat ruang fiskal yang ada lebih besar dibandingkan saat ini. “Jadi ruang fiskalnya enggak banyak sekarang. Sedangkan untuk 2014 ruang fiskalnya relatif lebih banyak, saya mau lihat dulu usulan Kementerian,” jelas Menkeu. (iin)