Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sukseskan Amnesti Pajak, Kadin Dorong Anggotanya Repatriasi Harta

Jakarta, 28/09/2016 Kemenkeu - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyatakan dukungannya untuk kesuksesan program Amnesti Pajak yang mulai digulirkan pada Juli 2016. Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani mengungkapkan, pihaknya telah mengimbau seluruh anggota Kadin untuk berpartisipasi pada program ini, dan bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik.

“Kita imbau dan juga menyarankan tidak hanya dunia usaha, tetapi juga masyarakat secara keseluruhan untuk berperan aktif menyukseskan tax amnesty ini, karena yang mendapatkan manfaatnya adalah kita sendiri dan juga untuk pembangunan bangsa kita ke depan,” jelasnya saat konferensi pers usai mendaftar program Amnesti Pajak bersama jajaran Kadin pada Selasa (27/09) di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta.

Ia menambahkan, anggota Kadin berkomitmen penuh untuk menyukseskan program ini. Tidak hanya mendeklarasikan harta, anggota Kadin juga telah dan akan melakukan repatriasi aset. “Kadin tidak hanya menyampaikan bahwa yuk kita declare, tapi yang lebih penting adalah untuk merepatriasi dana kita, itu yang lebih penting,” katanya.

Ia mengakui, tidak semua pengusaha dapat dengan serta-merta melakukan repatriasi. Hal ini dikarenakan beragamnya jenis aset yang dimiliki oleh para pengusaha, yang sebagian besar berupa aset tetap (fixed asset). “Kadin mengimbau repatriasi, bawa pulang dananya, kalau kebetulan yang dananya liquid, karena kan banyak yang bentuknya investasi, fixed asset, dan kebetulan banyaknya adalah fixed asset,” urainya.

Meskipun belum semua anggota Kadin menyampaikan Surat Pernyataan Hartanya (SPH) pada Selasa (27/09) kemarin, ia optimistis gerakan ini akan segera diikuti oleh anggota-anggota Kadin lain yang tersebar di seluruh Indonesia. “Hari ini saya dan teman-teman ada yang sudah setor, besok akan ada lagi yang setor, dan masih terus berjalan dan bergulir, dan ini tidak hanya yang di Jakarta saja,” katanya.(nv)