Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Suku Bunga Diturunkan, Pemerintah Targetkan KUR Tersalur Rp100 Triliun

Jakarta, 10/02/2016 Kemenkeu - Pemerintah mengupayakan untuk menekan tingkat bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke level yang lebih rendah. Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, ke depan, kemungkinan penurunan tingkat bunga KUR terbuka cukup lebar.

Sebagai informasi, tahun ini, tingkat suku bunga KUR akan diturunkan hingga berada pada kisaran 9 persen, lebih rendah dibanding pada tahun 2015 lalu yang berada pada kisaran 11-12 persen. “Sudah saatnya bunga pinjaman memang turun, tahun sebelumnya 12 persen,” jelas Menkeu dalam acara Stakeholders Gathering: Optimisme Perekonomian Indonesia 2016 pada Kamis (4/2) pekan lalu di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, peluang untuk menurunkan tingkat suku bunga KUR sangat tergantung pada kemampuan untuk mengendalikan inflasi. Menkeu meyakini, ke depan, tingkat suku bunga KUR dapat ditekan ke level yang semakin rendah, seiring dengan efisiensi pada perbankan nasional.

Penurunan tingkat suku bunga KUR ini, menurut Menkeu sejalan dengan semangat pemerintah untuk menumbuhkan semangat wirausaha masyarakat Indonesia. Dengan tingkat bunga yang rendah, pemerintah menargetkan dapat menyalurkan KUR senilai Rp100 triliun pada tahun ini.
“Pemerintah ingin memberikan kesempatan lebih kepada masyarakat untuk jadi wirausaha, (karena) syarat negara maju itu harus banyak warganya yang jadi pengusaha,” ungkapnya.(nv)