Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sukuk Tabungan, Instrumen Investasi Untuk Seluruh Lapisan Masyarakat

Jakarta, 19/08/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyambut baik diterbitkannya Sukuk Tabungan seri ST-001 sebagai bentuk diversifikasi instrumen pembiayaan. Ia meyakini, selain berkontribusi bagi pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Sukuk Tabungan akan berperan dalam pengembangan pasar keuangan syariah nasional.

“Sukuk Tabungan Seri ST-001 merupakan varian dari sukuk negara ritel. Ini merupakan suatu bukti bagi kita semua bahwa pemerintah sangat bersungguh-sungguh ingin tidak hanya mengembangkan instrumen pembiayaan bagi APBN kita, namun dengan munculnya seri ini juga diharapkan akan mendukung pengembangan pasar nasional syariah kita,” jelasnya saat membuka masa penawaran Sukuk Tabungan Seri ST-001 di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta pada Jumat (19/08).

Penerbitan Sukuk Tabungan, lanjutnya, sekaligus mewujudkan cita-cita pemerintah untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat secara lebih luas dalam membiayai pembangunan nasional. “Kalau kita setiap tahun melakukan deficit financing, selama ini investor yang sifatnya institusi sudah relatively familiar dan well established. Tapi saya ingin bahwa masyarakat secara umum juga memiliki kesempatan dan memiliki peran untuk ikut mendanai defisit dari fiskal ini,” tambahnya.

Lahirnya Sukuk Tabungan juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk menciptakan berbagai instrumen investasi yang sesuai untuk setiap lapisan masyarakat. “Saya menyambut gembira bahwa pada hari ini kita bisa melakukan upaya yang terus-menerus dengan diversifikasi instrumen untuk menjangkau berbagai macam lapis masyarakat yang memiliki preferensi yang berbeda-beda,” urai Menkeu.(nv)