Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Susun LK 2012, Forum Tripartit Tahap I Digelar

Jakarta, 07/03/2013 MoF (Fiscal) News – Pemerintah dan BPK telah menyepakati adanya forum rekonsiliasi tiga pihak (tripartit), antara Kementerian Keuangan, K/L, dan BPK. Ini ditujukan untuk penyusunan laporan keuangan tahun 2012. Menurut Direktur Jenderal Perbendaharaan Agus Suprijanto, acara ini terselenggara untuk mendapatkan keakuratan dan keyakinan data yang akan disajikan di LKPP sama dengan data yang disajikan di LKKL.

“Serta telah disesuaikan dengan koreksi yang diperlukan berdasarkan kesepakatan dengan tim auditor BPK,” katanya saat membuka acara Rekonsiliasi Tiga Pihak Tahap I di Jakarta pada Kamis (7/3). Acara ini juga menjadi forum komunikasi antara auditor dan auditee agar segala permasalahan akuntasi dan pelaporan keuangan di K/L dapat diatasi. “Hasil penyelenggaraan acara ini akan ditindaklanjuti dalam LKKL dan LKPP Tahun 2012 yang berstatus audited,” lanjut Agus.

Rekonsiliasi tripartit ini dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu, Tahap I dilaksanakan asat ini dan Tahap II yang dilaksanakan pada tanggal 17-19 April 2013. Rekonsiliasi Tahap I dilaksanakan untuk 11 K/L dari semula yang direncanakan sebanyak 14 K/L ,yang termasuk dalam percepatan penyampaian LKKL dan audit. Sedangkan 3 K/L yaitu Dewan Ketahanan Nasional, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, dan Badan Standarisasi Nasional akan disertakan pada rekonsiliasi tahap II. (ik)