Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tahun 2014 Belanja Modal Lebih Besar dari Sebelumnya

Jakarta, 16/08/2013 MoF (Fiscal) News – Kondisi ekonomi global saat ini yang belum menunjukkan tanda-tanda positif ke arah pemulihan, membuat banyak pihak tidak terlalu yakin dengan kondisi ekonomi global tahun depan. Untuk itu, Kementerian Keuangan merancang angka penerimaan tahun depan pada kisaran target yang konservatif.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang P.S. Brodjonegoro menjelaskan, pihaknya saat ini realistis dalam melihat perkembangan situasi perekonomian terkini. Untuk itu, target penerimaan tahun depan dipasang konservatif. “Kita pasang konservatif karena enggak terlalu yakin dengan kondisi ekonomi 2014. Kita lebih realistis. Daripada penerimaan tinggi tapi enggak dapat uangnya, tapi belanjanya sudah dipatok,” ujarnya, Kamis (15/8).

Ia juga menjelaskan bahwa target penerimaan dan belanja akan naik pada tahun depan. Dari kenaikan tersebut, lanjut Bambang, Kemenkeu juga mengubah komposisi anggaran tersebut, misalnya belanja modal yang lebih besar dibanding sebelumnya. Selain itu, belanja pegawai juga akan mengalami kenaikan standar atau seperti sebelumnya dan belanja barang naik tidak terlalu banyak.

Ia berharap, kenaikan belanja modal akan menggenjot pertumbuhan pada tahun depan. “Saya tidak ingat persis angkanya. Belanja barang ya kita harapkan flat, naik tak terlalu banyak dengan belanja modal kita harapkan bisa tingkatkan pertumbuhan, selama dipakai optimal,” pungkasnya. (iin)