Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Target Penerimaan Pajak 2013 Akan Direvisi

Jakarta, 03/05/2013 MoF (Fiscal) News – Kondisi ekonomi dunia yang belum pulih diyakini akan menekan penerimaan negara dari sektor perpajakan pada tahun ini yang ditargetkan sebesar Rp1.178 triliun. Namun demikian, apabila terdapat revisi target peneriman negara, hal tersebut harus dibahas dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2013. Demikian disampaikan Kepala Kebijakan APBN Badan Kebijakan Fiskal Rofianto Kurniawan, Kamis (2/5).

“Penerimaan pajak memang akan diturunkan, tapi saat ini masih dalam proses persiapan RAPBN-P 2013,” jelas Rofianto. Namun demikian, pihaknya belum dapat memberikan informasi terkait jumlah maupun persentase revisi target peneriman pajak yang akan dibahas dalam RAPBN-P. “Belum bisa sampaikan karena masih proses analisis,” ujarnya.

Ia menambahkan, revisi penerimaan tersebut didasarkan pada melemahnya kinerja ekspor pertambangan, sehingga pemasukan pajak tidak seoptimal tahun-tahun sebelumnya. "Perusahaan pertambangan ternyata penerimaannya tidak sebaik yang kami harapkan, pemasukan pajaknya juga berkurang. Saat ini, kami lagi evaluasi pemasukan pajak dari perusahaan tambang," ungkapnya. Ia memastikan, pihaknya akan menurunkan Pajak Penghasilan (PPh) Badan Usaha. "Kalau PPh (badan usaha) otomatis kami turunkan sebagai dampak dari penurunan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP)," pungkasnya.(nic)