Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Target Penerimaan Perpajakan Dikoreksi Rp40 Triliun

Jakarta, 17/05/2013 MoF (Fiscal) News – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan menurunkan target penerimaan perpajakan pada APBN-P 2013 sekitar Rp40 triliun. Penurunan target penerimaan ini dilakukan karena perubahan beberapa asumsi yang akan membuat penurunan target pajak. “Enggak (banyak menurun), kurang lebih berbanding sejajar. Prinsip pertumbuhan melemah, tadi itu sekitar Rp40 triliun (target penerimaan pajak turun),” kata Wakil Menteri Keuangan II Mahendra Siregar pada Jumat (17/5).

Pada APBN 2013, Pemerintah menargetkan penerimaan pajak sebesar Rp1.042,29 triliun. Pencapaian penerimaan pajak sampai dengan 30 April 2013 adalah sebesar Rp266,3 triliun.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany pernah mengatakan bahwa penerimaan pajak pada kuartal pertama tahun ini memang mengalami kenaikan. Namun demikian, kenaikan ini belum seperti yang ditargetkan. “Ada pertumbuhan sekitar 10 persen. Ini belum seperti yang kita harapkan,” katanya.

Menurut Fuad, pencapaian pajak yang belum mencapai apa yang diharapkan tersebut terjadi lantaran adanya efek krisis global yang menyebabkan ekspor belum maksimal. “Ini karena perekonomian dunia belum pulih, sehingga ekspor masih terpukul,” ungkapnya. (iin)