Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Target Pertumbuhan 2017 Disusun Secara Hati-Hati

Jakarta, 10/01/2016 Kemenkeu – Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyepakati asumsi target pertumbuhan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 sebesar 5,1 persen. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, target ini ditetapkan dengan cukup hati-hati, mengingat lingkungan global yang masih tidak pasti. “Waktu saya bahas dengan DPR, saya anggap lingkungan globalnya sangat tidak pasti,” kata Menkeu saat Rapat Kerja Nasional Kementerian Keuangan bertemakan “Sinergi Untuk Negeri”.


Sejak krisis di tahun 2014, tahun-tahun berikutnya menjadi tahun yang penuh perjuangan bagi Indonesia, salah satu contohnya adalah penurunan harga komoditas yang memukul penerimaan negara, atau perdagangan global yang melemah.


Pada tahun 2015 dan 2016, upaya untuk recovery terus dilakukan. Di tahun-tahun ini, Indonesia mulai berupaya untuk bangkit kembali. “Di 3 tahun kemarin kita alami shock yang cukup besar, ini menimbulkan pertanyaan kredibilitas APBN,” tambah Menkeu. Menurut Menkeu, inilah yang menjadi alasan penyusunan APBN tahun 2017 dilakukan dengan lebih hati-hati. (as/rsa)