Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tekan Harga Pangan dengan Pendekatan Fiskal

 

Jakarta,07/01/2011 MoF (Fiscal) News - Pemerintah akan melakukan beberapa upaya untuk menekan harga pangan yang semakin tinggi saat ini. Salah satu diantaranya adalah dengan pendekatan fiskal. Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, saat ditemui di kantornya, Gedung A.A Maramis, Kementerian Keuangan Jakarta pada Jumat (07/01).

Menurut Hatta, Pemerintah akan meningkatkan operasi pasar dan beberapa upaya lainnya. ''Kami juga melakukan suatu pendekatan fiskal dan juga hal-hal yang terkait dengan, katakanlah, pendekatan perdagangan'' ujar Hatta. Kecukupan supply pemerintah juga merupakan hal yang paling penting. ''Dan memang demikian, dan stok bulog harus ada 1,5 juta ton,'' tambahnya.

Salah satu pendekatan fiskal yang akan dilakukan adalah dengan pembebasan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM). ''BM itu akan kita bebaskan supaya tidak menekan harga lebih tinggi'' urainya. Hatta juga mengungkapkan bahwa harga pangan dunia yang meningkat tajam pada Desember 2010 dan Januari 2011 perlu diwaspadai. ''Makanya, lanjutan dari policy respond itu memastikan bahwa pertanian kita itu sukses, ya walaupun iklim seperti apapun'' pungkasnya. (
sel)