Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Teknologi Buka Kesempatan Mengakses Keuangan Bagi UMKM

Jakarta, 31/08/2016 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo membuka penyelenggaraan Festival Financial Technology (Fintech) and Conference 2016 di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD, Tangerang pada Selasa (30/08). Acara tersebut diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) selama dua hari, mulai dari Senin (29/08).


Acara tahunan ini dihadiri oleh sejumlah menteri dari Kabinet Kerja dan pejabat terkait, antara lain Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad, dan Ketua Kadin Rosan Perkasa Roeslani.


Dalam sambutannya, Menkeu menyatakan banyak unsur kesenjangan yang terjadi lantaran pelaku ekonomi di tingkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tidak memiliki akses yang sama dalam hal keuangan, baik dalam rangka meminjam (kredit modal kerja) maupun volume aktivitas untuk investasi. Industri layanan keuangan berbasis teknologi informasi atau fintech membuka kesempatan terhadap akses tersebut bagi UMKM.


Oleh sebab itu, Menkeu pun mendorong pemerintah maupun pelaku industri keuangan untuk dapat memiliki koneksi dengan para pelaku UMKM. Koneksi tersebut dapat dilakukan melalui transaksi yang menguntungkan dengan pelaku-pelaku usaha yang skalanya sangat kecil.


"Fintech memberikan suatu kesempatan bagi UMKM untuk bisa memecahkan masalah daya jangkau dari program program pemerintah maupun dari para pelaku ekonomi di bidang keuangan untuk bisa terkoneksi melalui suatu transaksi yang saling menguntungkan dengan pelaku-pelaku skala kecil (UMKM)," jelas Menkeu. (anh)