Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

TEPRA Tukar Pikiran dengan Pemda Terkait Pengelolaan Keuangan Daerah

Surabaya, 20/05/2016 Kemenkeu - Pada hari kedua pelaksanaan Forum Discussion Group (FGD), Kamis (19/5), Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) menyelenggarakan sharing session dengan sejumlah pemerintah daerah tingkat II dari berbagai daerah di Indonesia. Pada FGD kali ini, Pemerintah Kabupaten Batang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Jombang, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Bantaeng, masing masing memaparkan berbagai inovasi dan hal lain dalam pengelolaan keuangan daerahnya.

Acara ini diselenggarakan Surabaya, Jawa Timur tersebut bertujuan untuk membahas mengenai bagaimana pengelolaan keuangan daerah serta implemetasinya terhadap tujuan dan arah pembangunan daerah dalam pemerintahan yang baik atau good governance.

Salah satu paparan adalah mengenai inovasi dari Kabupaten Batang yang dihadiri langsung oleh Bupati Yoyok Riyo Sudibyo. Paparan yang ia sampaikan terkait transparansi, yaitu inovasi kebijakan melalui kegiatan Festival Anggaran pada tahun 2014 yang baru pertama kali digelar di Indonesia. Melalui kegiatan tersebut, masyarakat dapat membaca dan mengkritisi program pembangunan serta anggaran yang digunakan Pemkab Batang secara terbuka.

Sebagaimana diketahui, tugas TEPRA antara lain adalah memfasilitasi penyelesaian hambatan-hambatan yang terjadi dalam realisasi anggaran dan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Dengan penyerapan anggaran yang sesuai dengan perencanaan pembangunan nasional, roda perekonomian diharapkan dapat bergerak, dan kesejahteraan masyarakat pun terus meningkat.(anh)