Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Terbitkan 3 Miliar Euro, Pemerintah Catatkan Rekor Baru Penerbitan SUN Valas

Jakarta, 15/06/2016 Kemenkeu - Pemerintah kembali menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) berdenominasi Euro sebesar 3 miliar Euro pada Selasa (15/06). SUN tersebut diterbitkan dalam dua tenor, yakni 7 tahun dan 12 tahun.

Dengan total penawaran (total order book) mencapai 8,36 miliar Euro, SUN berdenominasi Euro tersebut mencatatkan oversubscription hingga 2,8 kali. Sejumlah investor baru tercatat turut berpartisipasi dalam penerbitan kali ini, sejalan dengan strategi pemerintah dalam melakukan diversifikasi basis investor global.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) dalam keterangan resminya pada Selasa (14/06) menyatakan, ini menjadi penerbitan dengan dual-tranche pertama dalam denominasi Euro, sekaligus transaksi dengan jatuh tempo (tenor) terlama yang pernah diterbitkan, yakni 12 tahun.

Selain itu, ini merupakan penerbitan terbesar yang pernah dilakukan pemerintah. Dengan penerbitan ini, Indonesia menjadi negara Asia pertama yang berhasil mencapai penerbitan hingga 3 miliar Euro. Sebagai informasi, transaksi ini merupakan bagian dari Program Global Medium Term Notes (GMTN) Republik Indonesia sebesar 40 miliar dolar AS.(nv)