Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tidak Hanya Kuantitas, Kualitas Anggaran Pendidikan Juga Harus Meningkat

Jakarta, 11/11/2016 Kemenkeu - Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, anggaran pendidikan mengalami peningkatan yang sangat besar. Belanja pemerintah memang tengah diarahkan kepada belanja untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) seperti kesehatan, pendidikan, serta penelitian dan pengembangan kemampuan. Tujuannya adalah agar ada peningkatan dalam produktifitas dan inovasi yang diberikan oleh generasi muda.


Dalam orasi ilmiahnya saat di ITS, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa jika dibandingkan saat ia menjabat Menkeu sebelumnya, peningkatan ini luar biasa tinggi. “Anggaran pendidikan dalam 10 tahun ini meningkat luar biasa pesat, dari dulu sekitar Rp60 triliun, sekarang mencapai Rp400 triliun,” katanya saat acara yang berlangsung di Surabaya pada Kamis (10/11).


Ia berharap, anggaran ini dapat dijaga agar tidak hanya baik secara kuantitas, namun juga secara kualitas. “Kualitas belanja yang baik mampu memperbaiki kualitas SDM, terutama mahasiswa dan siswa kita, agar menjadi generasi muda yang punya kemampuan intelektual dan skill, untuk menjaga Republik Indonesia,” tegas Menkeu. (as)