Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tiga Isu Jadi Fokus Utama dalam Forum APEC 2013

Bali, 20/09/2013 MoF (Fiscal) News – 21 perwakilan negara APEC yang 11 diantaranya dihadiri langsung oleh Menteri Keuangannya pada Kamis Malam (19/9), menghadiri jamuan makan malam di Nusa Dua, Bali. Jamuan tersebut merupakan sambutan sekaligus acara pembuka pertemuan APEC Finance Minister Meeting dan Related Meeting yang digelar pada hari Jumat. Selain Menteri Keuangan, perwakilan lembaga-lembaga keuangan internasional juga menghadiri pertemuan tersebut antara lain Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Pembangunan Asia (ADB) dan OECD.

Sebelum pertemuan di Nusa Dua, Bali, Jumat (20/9), Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menyampaikan tiga pokok pembahasan yang terdapat dalam pertemuan APEC, yaitu pertama terkait dengan Bogor Goals, di mana merupakan target yang harus dicapai dari pertemuan sebelumnya. Kedua adalah persoalan infrastruktur atau konektifitas dan yang ketiga adalah akses  keuangan yang inklusif (financial inclusion). “Kita ingin 3 hal yaitu Bogor goals, kemudian connectivity, kemudian yang ketiga adalah pertumbuhan dengan pemerataan yaitu financial inclusion, di mana orang bisa mendapatkan akses kepada kredit dengan mudah,” kata Menkeu.

Menurut Menkeu tiga hal tersebut penting bagi kepentingan nasional. “Jadi frame work ini sebenarnya kita juga dalam konteks nasional kita. Tujuannya adalah kalau kerja sama ini bisa dilakukan kita bisa mempertahankan ekonomi dari Asia Pasifik. Kita mau Indonesia itu memegang peranan yang penting,” kata Menkeu.

Menkeu menilai forum APEC adalah forum yang tepat untuk mendiskusikan hal tersebut. Nantinya hasil pembahasan pada forum APEC akan disepakati dalam deklarasi bersama untuk segera ditindaklanjuti. “Sebagai chairman kita pegang peranan yang sangat penting juga dalam men-drive agenda,” pungkas Menkeu. (nic)