Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tiga Kepala Daerah Berprestasi Bagikan Pengalaman Pengelolaan APBD dalam FGD TEPRA

Jakarta, 18/03/2016 Kemenkeu - Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) menyelenggarakan focus group discussion (FGD) pemerintah provinsi bertema ‘Good Governance Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)’ pada Kamis (17/3) di Yogyakarta.

FGD yang menghadirkan tiga kepala daerah berprestasi sebagai narasumber ini bertujuan untuk memberikan kontribusi pada pengelolaan keuangan negara/daerah yang lebih baik, mendukung pembangunan nasional serta mencapai cita-cita bangsa. Ketiga kepala daerah tersebut yaitu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh, yang membagikan pengalaman mereka mengenai best practices pengelolaan APBD di daerahnya masing-masing.

Melalui FGD ini, para kepala daerah berprestasi tersebut menyampaikan pengalaman mengenai proses perumusan kebijakan, perencanaan, hingga penganggaran untuk dapat mengakomodasi concern pembangunan dalam APBD. Selain itu, mereka juga menjelaskan mengenai implementasi penetapan prioritas pembangunan dalam APBD dan terobosan atau inovasi yang telah dilakukan di daerahnya masing-masing.

Sebelumnya, Wakil Menteri Keuangan yang juga Ketua TEPRA Mardiasmo menyampaikan bahwa desentralisasi merupakan kendaraan untuk mencapai tujuan bernegara. Untuk menggerakkan desentralisasi, lanjutnya, ada empat roda yang harus digerakkan, yaitu desentralisasi politik, desentralisasi administratif, desentralisasi fiskal, dan desentralisasi ekonomi.

“Dengan mendekatkan pemerintahan kepada rakyatnya, diharapkan layanan publik menjadi lebih baik, pertanggungjawaban semakin baik, rakyat rela berkontribusi, dan pembangunan tercipta dari bawah, yaitu pembangunan yang inklusif,” jelasnya.(nv)