Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tiga Langkah Pemerintah Tingkatkan Daya Saing Indonesia

Jakarta, 14/09/2016 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo menguraikan tiga langkah utama pemerintah untuk meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia di tengah persaingan global. Salah satunya, berfokus pada sektor-sektor yang menjadi keunggulan Indonesia.

“Kita harus membuat ekonomi kita semakin kompetitif, semakin berdaya saing, yang pertama, saya sudah sampaikan kepada seluruh menteri agar kita fokus pada core business yang ingin kita jalankan, memperkuat sektor-sektor yang menjadi keunggulan kita, tidak semuanya dikerjakan, malah luput semuanya,” jelasnya di sela peresmian Terminal Peti Kemas Kalibaru di Tanjung Priok, Jakarta pada Selasa (13/09).

Yang kedua, mempercepat pembangunan infrastruktur, termasuk pelabuhan, bandara dan jalan tol. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya logistik. “Kalau dibandingkan negara-negara tetangga kita, cost-nya masih sampai 2,5 kali lipat. Negara kita biayanya mahal sekali, entah karena banyaknya pungli, entah masih lamanya proses, ini yang terjadi,” tambahnya.

Ketiga, pemerintah juga akan terus melanjutkan deregulasi dan debirokratisasi. “Menyederhanakan aturan, menyederhanakan regulasi, prosedur yang berbelit-belit, kita pangkas semuanya dalam rangka meningkatkan daya saing, meningkatkan competitiveness kita,” urainya.(nv)