Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tim 7 Tunggu Pendapat Menkeu Soal JSS

Jakarta, 01/08/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Armida S. Alisjahbana memahami ide Menteri BUMN, untuk menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada proyek Jembatan Selat Sunda (JSS). Namun ia mengingatkan bahwa keputusan Tim 7 mendatang akan menunggu pendapat Menteri Keuangan (Menkeu) terlebih dahulu. “Pak Dahlan mungkin memiliki ide ya tentang JSS. Tetapi Tim 7 Menteri kan belum ketemu lagi, harus lengkap ketemu lagi dengan Menkeu,” ujarnya di Jakarta, Rabu (31/7).

Menteri PPN/Kepala Bappenas menyebut bahwa Menkeu perlu datang membahas hal tersebut karena akan membahas opsi pembayaran yang ada terhadap implikasi anggaran negara. “Perlu kehadiran Menkeu karena pertemuan akan datang akan mempresentasikan opsi yang ada dalam studi kelayakan, tender dan lain-lainnya terhadap governance dan implikasi anggarannya,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa pertemuan Tim 7 mendatang akan membahas masalah pembiayaan BUMN yang membentuk konsorsium dengan pihak pemrakarsa. “Karena kalau konsorsium, dana BUMN-nya sendiri harus risk fund, lalu akan dibahas kombinasi penambahan penyertaan modal. Yang pasti, konsorsium BUMN dengan pemrakarsa dan yang pasti harus ada dana pemerintah,” pungkas Armida. (nic)