Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tingkat Kepatuhan WP Alami Peningkatan Setiap Tahun


 

 

Jakarta, 18/03/2011 MoF (Fiscal) News - Tingkat kepatuhan Wajib Pajak (WP) dalam penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) mengalami peningkatan setiap tahunnya. Demikian disampaikan Kasubdit Hubungan Masyarakat Direktorat Jederal Pajak (DJP) Richard Burton dalam siaran persnya pada Jumat (18/3).

Kepatuhan WP tersebut kemudian didukung oleh peningkatan pelayanan SPT melalui drop box yang disebar di berbagai tempat umum. Drop box memberikan kemudahan bagi WP untuk melaporkan SPT Tahunan PPh, karena tidak menyita waktu WP untuk mendatangi kantor pajak. Pada 2008, tingkat kepatuhan berada di bawah 40%, yang kemudian mengalami peningkatan menjadi 58,16% pada tahun 2009.

DJP juga terus berusaha memperbaiki pelayanan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak. Selain drop box, DJP juga melaksanakan acara pengisian SPT secara serentak di seluruh Indonesia pada 8 Maret lalu. Pengisian SPT serentak ini juga ditujukan untuk memudahkan WP dalam mengisi dan menyampaikan SPTnya.(as)