Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tingkatkan Kepatuhan WP, Pemerintah Sempurnakan Administrasi Perpajakan

Jakarta, 31/05/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah akan menyempurnakan sistem administrasi perpajakan untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak (WP). Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengatakan, langkah tersebut ditempuh melalui penyempurnaan dan perluasan penggunaan e-filing dan sistem elektronik persediaan (e-inventory), serta penyempurnaan sistem administrasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk perluasan basis perpajakan, termasuk menutup praktik penyimpangan.

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan perluasan basis pajak dan penyesuaian tarif, antara lain melalui ekstensifikasi WP orang pribadi berpendapatan tinggi dan menengah, dan melalui peningkatan pengawasan yang lebih efektif. "Kita akan mengoptimalisasi pemanfaatan data hasil sensus pajak nasional dan optimalisasi pemanfaatan kewajiban penyampaian data, dan informasi yang berkaitan dengan perpajakan dari institusi pemerintah, lembaga, asosiasi dan pihak lain untuk intensifikasi dan ekstensifikasi perpajakan," tuturnya.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan pendapatan negara dari sektor perpajakan, pemerintah juga akan melakukan penyempurnaan kebijakan insentif perpajakan untuk mendukung iklim usaha dan investasi. Hal tersebut antara lain dilakukan dengan melakukan evaluasi bidang usaha tertentu dan daerah tertentu yang menjadi prioritas pembangunan skala nasional yang mendapatkan fasilitas Pajak Penghasilan (PPh) dalam rangka penanaman modal.(ak)