Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tingkatkan Kepercayaan Investor, Pemerintah Lakukan Liability Management

Jakarta, 28/03/2014 MoF (Fiscal) News - Pemerintah akan melakukan liability management global bond pada semester II-2014. Langkah ini di lakukan untuk untuk meningkatkan performa debt management Indonesia di mata investor dan lembaga rating.   

Dengan liability management ini, pemerintah akan membeli kembali (buyback) surat utang pemerintah dalam valuta asing (global bond) yang pernah diterbitkan tetapi tidak terlalu diminati di pasar sekunder.  “Intinya (liability management) untuk membantu likuiditas pasar global bond kita yang tidak liquid dan efisiensi yang kupon tinggi. Ini juga untuk memperbaiki kurva surat berharga negara,” demikian dijelaskan Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Robert Pakpahan.

Ia menambahkan, beberapa negara seperti Filipina dan Meksiko telah lebih dahulu melakukan kebijakan tersebut. “Ini hanya dilakukan sekali dalam setahun, karena lebih repot, harus ada lembaga yang mengurus. Kalau buyback (surat utang berdenominasi) rupiah bisa kita lakukan di dealing room langsung,” tuturnya.

Dirjen Pengelolaan Utang mengatakan, liability management ini akan dilakukan dengan tiga metode. Pertama, cash buyback, yaitu dengan membeli kembali global bond Indonesia dengan pembelian secara tunai (cash). “Ini seperti option yang sering kita lakukan (di) pasar bond rupiah, dan kita akan lakukan di pasar global bond,” terangnya.

Kedua, dengan metode exchange over, yaitu menarik utang jatuh tempo atau tidak liquid atau yang imbal hasilnya (yield) tinggi dan menggantinya dengan global bond baru yang lebih liquid dan berkupon lebih rendah. Ketiga, dengan melakukan tender and new issue. Dengan metode ketiga ini, pemerintah akan melakukan penarikan dan penerbitan baru dan ditawarkan pada investor yang berbeda.(ans)