Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tingkatkan kesadaran Pajak, Pemerintah Segera Luncurkan PP 46/2013

Jakarta, 07/11/2013 Mof (Fiscal) News – Guna meningkatkan kesadaran para pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM) dan mewujudkan rasa keadilan pajak, pemerintah akan melakukan pengenaan Pajak Penghasilan (PPh) final 1 persen bagi wajib pajak dengan omzet di bawah Rp4,8 miliar. Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Jenderal Pajak Fuad Rachmany di Jakarta, pada Rabu (6/11) dalam Seminar dan Sosialisasi Pajak UKM.

Oleh karenanya, pemerintah akan segera meluncurkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 46 tahun 2013, serta perbaikan Sistem Pembayaran Pajak. Dengan diluncurkannya PP tersebut, nantinya dapat mendongkrak kesadaran para pengusaha UKM untuk membayar pajak.

"Dengan adanya pengenaan pajak PPh 1% ini, keadilan pajak bisa diwujudkan sehingga ke depannya setiap wajib pajak, baik itu yang bergerak di perusahaan besar dan kecil, wajib membayar pajak," ungkap Fuad. Pihaknya menjelaskan, sebelum peraturan ini dibuat, Direktorat Jenderal Pajak sudah berdiskusi dengan semua stakeholders termasuk Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta beberapa pelaku usaha kecil dan menengah.

Menurut Fuad, dari tahun ke tahun, Direktorat Jenderal Pajak selalu mengejar target penerimaan pajak kepada berbagai perusahaan besar maupun penerimaan pajak dari usaha kecil dan menengah. Namun, diakui Fuad, hingga kini tingkat ketaatan membayar pajak dari UKM masih rendah, karena masih minimnya pemahaman masyarakat dan sosialisasi. (ak)