Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tingkatkan Keuangan Inklusif, Pemerintah Gandeng Bank Wanita Dunia

Jakarta, 10/03/2017 Kemenkeu - Pada Hari Wanita Internasional, 8 Maret 2017, Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif di Indonesia dan organisasi non profit Bank Wanita Dunia (Women’s World Banking) mengumumkan kerjasama untuk mempromosikan keuangan inklusif bagi kaum wanita di Indonesia.

Seperti dikutip dari situs Kementerian Koordinator Perekonomian (Kemenko Perekonomian), proyek yang didanai oleh Department of Foreign and Trade of Australia (DFAT) ini akan mendukung tujuan Indonesia untuk mencapai target keuangan inklusif sebesar 75% pada tahun 2019 mendatang.

“Nota Kesepahaman ini akan bermanfaat bagi implementasi Strategi Nasional Keuangan Inklusif di Indonesia,”ujar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir di Kantor Kemenko Perekonomian pada Rabu (08/03).

Anna Gincherman selaku Chief Product Officer Women’s World Banking memuji komitmen Indonesia untuk terus memberikan perlindungan dan meningkatkan kesejahteraan wanita melalui layanan keuangan yang vital.

“Kami akan terus mendukung Strategi Nasional Keuangan Inklusif dengan bekerja untuk mengembangkan sarana dan prasarana keuangan yang inovatif bagi masyarakat Indonesia yang belum mendapatkan akses ke bank,” jelasnya.

Melalui kerjasama ini, Bank Wanita Dunia akan mendukung Sekretariat dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk menghadapi permasalahan ini. Hal ini sesuai dengan pengalaman organisasi non profit dalam merancang produk keuangan, pemasaran dan strategi pendidikan konsumen, serta  menjalankan berbagai model yang sesuai untuk wanita. (nr/rsa)