Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tingkatkan Kualitas LKPP, Ditjen Perbendaharaan Selenggarakan TOT SAP

Jakarta, 04/07/2013 MoF (Fiscal) News - Direktorat Jenderal Perbendaharaan terus berupaya meningkatkan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Dalam rangka mewujudkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada LKPP, Ditjen PBN menyelenggarakan training of trainer (TOT) Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) bagi Kementerian/Lembaga (K/L) pada 1-3 Juli 2013.

Training yang diselenggarakan di Jakarta ini diikuti oleh para pengelola laporan keuangan K/L yang mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan disclaimer. “Pelaksanaan TOT SAP tahun ini kami mengundang Kementerian Negara/Lembaga yang Laporan Keuangan tahun 2012-nya mendapatkan opini audit Wajar Dengan Pengecualian dan disclaimer,” demikian disampaikan Direktur Jenderal Perbendaharaan Agus Suprijanto saat membuka training

Ia menambahkan, training ini diselenggarakan untuk melatih para pengelola laporan keuangan tingkat K/L agar dapat memahami SAP dengan benar. Selain itu, setelah mengikuti training, peserta juga diharapkan mampu menerjemahkan pemahaman tentang SAP dalam menyusun laporan keuangan masing-masing.

ia berharap, agar K/L dan Ditjen Perbendaharaan dapat bersinergi dalam penyusunan LKPP. “Satu hal yang tidak henti-hentinya saya amanatkan adalah sinergitas upaya peningkatan kualitas laporan keuangan pemerintah,” ungkapnya.

Seperti diketahui, LKPP merupakan konsolidasi dari Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN). Selama masih ada permasalahan yang signifikan dalam LKKL dan LKBUN, hal tersebut akan berdampak pada opini audit LKPP. “Oleh karena itu, kualitas LKKP akan sangat dipengaruhi oleh kualitas LKKL dan LKBUN,” jelasnya.(wa/djpb)