Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tingkatkan Layanan E-Procurement, Pusat LPSE Luncurkan SIMPEL v.3.0

Jakarta, 15/12/2015 Kemenkeu - Kementerian Keuangan melalui Pusat Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) melaksanakan Launching Sistem Informasi Manajemen Pengadaan Langsung (SIMPeL) di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (15/12).  


Acara ini antara lain dihadiri oleh Sekretaris Jenderal; Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi; Tenaga Pengkaji Bidang Perencanaan Strategik; Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan; Kepala Pusat LPSE serta undangan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).


Seperti diketahui, SIMPeL merupakan sistem informasi yang dibangun untuk memfasilitasi proses pengadaan langsung secara online. SIMPeL memberikan kemudahan kepada para penggunanya, terutama dalam hal manajemen database penyedia barang/jasa. Setelah melalui pengembangan dan penyempurnaan aplikasi dari tahun 2013, akhirnya pada tahun 2015 ini SIMPEL v.3.0 diluncurkan secara simbolis oleh Sekretaris Jendral Hadiyanto.


Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal mengapresiasi inisiatif dan trobosan dari Pusat LPSE dalam membangun aplikasi untuk mempermudah proses pengadaan barang/jasa. “SIMPeL adalah aplikasi (yang) sangat penting dalam mendorong peningkatan tata kelola dan akuntabilitas publik dari instansi pemerintah, khususnya dalam hal pengadaan barang/jasa,” ujarnya.


Ke depan, SIMPeL diharapkan dapat digunakan oleh semua unit di lingkungan Kementerian Keuangan, dan dapat diintegrasikan dengan berbagai macam aplikasi keuangan yang telah dimiliki oleh Kementerian Keuangan. Dengan demikian, data yang dihasilkan dapat dikelola dan dianalisis untuk pelaporan keuangan yang lebih akuntabel.(adt)