Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tingkatkan Sinergi Pengelolaan Penerimaan Migas, Kemenkeu Tanda Tangani MoU dengan SKK Migas

Jakarta, 13/06/2014 MoF (Fiscal) News - Kementerian Keuangan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada Jumat (13/6) di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta. MoU dilakukan terkait kerja sama pembangunan sistem informasi minyak dan gas bumi (migas).


Penandatanganan MoU ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan sinergi pengelolaan penerimaan migas melalui pembangunan sistem informasi migas yang teritegrasi. Tujuan pembangunan sistem informasi migas tersebut antara lain untuk menciptakan akuntabilitas, keandalan, sinkronisasi, dan transparansi data dan/atau informasi di sektor kegiatan usaha hulu migas.


Terwujudnya sistem informasi migas yang terintegrasi tersebut pada akhirnya diharapkan mampu menjawab kebutuhan data migas secara lebih transparan, akuntabel, dan tepat waktu. Hal ini berguna untuk menunjang proses perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan monitoring realisasi penerimaan negara di sektor migas. Pelaksanaan MoU ini sendiri dilakukan dengan tetap memperhatikan tugas dan wewenang masing-masing instansi sesuai ketentuan peraturan perundangan.


Sebagai informasi, dalam penandatangan MoU ini Kementerian Keuangan diwakili oleh Direktur Jenderal Anggaran, sementara SKK Migas diwakili oleh Plt. Kepala SKK Migas. Penandatanganan turut disaksikan oleh Menteri Keuangan dan Komisi Pengawas SKK Migas, serta beberapa pejabat dari instansi terkait.(nv)