Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tol Pandaan-Malang Diresmikan, Konektivitas Jawa Timur Makin Meningkat

Malang, 14/05/2019 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 sepanjang 30,6 kilometer (km) di Malang, Jawa Timur pada Senin (13/05).

Beroperasinya Tol Pandaan-Malang mempercepat waktu tempuh dan biaya mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang. Jalan tol juga diharapkan semakin menunjang sektor pariwisata seperti kawasan wisata dan Taman Safari Prigen, kebun teh Wonosari, Candi Singosari, dan kawasan wisata Batu. Tol Pandaan-Malang juga akan meningkatkan akses bagi Kawasan Ekonomi Khusus Singosari dan Bandara Sultan Abdul Rachman Saleh.

Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet (Setkab), pembangunan tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang sahamnya dimiliki Jasa Marga sebesar 60%, PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35% dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5%. Biaya investasi sebesar Rp5,9 triliun.

Jalan Tol Pandaan – Malang memiliki total panjang 38,488 km. Saat ini pembangunan seksi 4 sepanjang 4,8 km telah mencapai progres 87%, sementara untuk Seksi 5 sepanjang 3,1 km sempat tertunda karena ditemukannya situs budaya sehingga dilakukan pergeseran trase sejauh 17 meter dari trase awal. (nr/ds)