Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Trade Deficit Indonesia Terhadap Prancis Menurun

 

 

Jakarta, 25/02/2011 MoF (Fiscal) News – Trade deficit Indonesia terhadap Prancis terus menunjukkan penurunan. Pernyataan ini disampaikan Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo dalam konferensi pers usai menerima kunjungan bilateral Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Industri Prancis Christine Legarde di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta pada Jumat (25/02).

“Antara Indonesia dengan Prancis tahun 2004 sampai 2009 memang masih tercatat trade deficit, tetapi tahun 2010 kelihatannya trade deficit-nya sudah semakin kecil,” jelasnya. Hal tersebut terlihat dari pertumbuhan ekspor Indonesia ke Prancis yang menunjukkan angka lebih dari 30%, sementara impor hanya berada di bawah 10%. Menkeu menambahkan, komoditas ekspor indonesia ke prancis cukup beragam, seperti barang elektronik, garmen, barang-barang hasil industri kayu, dan sepatu.

Lebih lanjut wakil menteri perdagangan mahendra siregar menjelaskan, Pemerintah saat ini sedang menyusun perencanaan strategis untuk memberi nilai tambah pada barang-barang yang akan diekspor ke prancis, sehingga ke depannya diharapkan tidak ada lagi ekspor bahan mentah atau bahan baku yang belum diolah. Rencana inipun mendapat dukungan positif dari Menteri Ekonomi, Keuangan, dan Industri Prancis, sehingga perdagangan bilateral indonesia-prancis diharapkan dapat sesuai dengan keinginan kedua negara.(nv)