Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tugas Penting Bagi Para Penjaga Keuangan Negara

Jakarta, 31/10/2016 Kemenkeu - Pada awal kemerdekaan Republik Indonesia (RI), keuangan negara disimbolkan dengan pencetakan dan penerbitan Oeang Republik Indonesia. Ini menjadi suatu simbol penting untuk menunjukkan dan menyatakan suatu kemerdekaan dan kedaulatan RI. Saat ini, keuangan negara telah mengalami perluasan makna yang diimplementasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).


Saat menjadi Pembina Upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Oeang ke 70, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan kepada seluruh jajarkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bahwa tugas yang diemban Kemenkeu sangat penting, yaitu menjaga keuangan negara. Melalui simbol “Nagara Dana Rakca”, setiap insan di Kemenkeu harus sadar akan tugas yang dipikulnya.


“Saya ingin terus mengajak, mendorong, dan memimpin seluruh jajaran Kementerian Keuangan agar pada usia ke-70, Kementerian Keuangan dapat terus menyumbangkan dan membuktikan dirinya untuk ikut membangun Indonesia menjadi negara dan bangsa yang bermartabat tinggi, besar, makmur, adil, dan dihormati oleh bangsa-bangsa lain di dunia,” kata Menkeu dalam pidatonya, saat upacara yang berlangsung di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta pada Senin (31/10).


Kemenkeu sendiri harus mampu menjadi pandu dan mampu memenuhi harapan pendiri bangsa. “Untuk menghidupkan tanah kita, menghidupkan negara kita, bangsa kita, rakyat kita semuanya. Kita sebagai Penjaga Keuangan Negara harus mampu ikut membangun jiwa, membangun raga bangsa kita untuk Indonesia Raya,” tegasnya. (as)