Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tujuh Kementerian/Lembaga Terbaik Tahun 2013

Bogor, 11/12/2013 MoF (Fiscal) News – Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan DIPA 2014 secara simbolis kepada tujuh Menteri/Pimpinan Lembaga sebagai Pengguna Anggaran, dan para Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah pada Selasa (10/12) di Istana Kepresidenan Bogor.


Tujuh Kementerian Negara/Lembaga (K/L) terbaik tersebut adalah Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kehutanan.  


Predikat terbaik tersebut ditentukan berdasarkan lima kriteria utama, yaitu: (i) Memperoleh nilai hasil Penilaian Inisiatif Anti Korupsi (PIAK) yang diberikan oleh KPK di atas 6; (ii) Selama dua tahun terakhir berturut-turut laporan keuangannya mendapat opini minimal Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelasan (WTP-DPP) dari Badan Pemeriksa Keuangan; (iii) Selama dua tahun terakhir berturut-turut realisasi penyerapan anggarannya di atas 85% dari pagu yang ditetapkan; (iv) Selama dua tahun terakhir berturut-turut mendapat reward; dan (v) Pagu anggaran yang dikelola di atas Rp1 triliun.


Menteri Keuangan (Menkeu) M.Chatib Basri mengatakan bahwa penyerahan DIPA dilaksanakan sebelum tahun anggaran 2014 dimulai, sebagai komitmen bersama untuk memastikan agar pelaksanaan anggaran dapat dimulai tepat pada waktunya.


“Dengan demikian, seluruh Satuan Kerja (Satker) dapat segera mengeksekusi rencana-rencana yang sudah ditetapkan dalam DIPA sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Setelah ini, akan diserahkan ke masing-masing satker di tingkatan pemerintah daerah secara simultan mulai 13-20 Desember 2013 ,” ujarnya. (fr)