Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Tutup Rangkaian NU Expo, Menkeu Harap NU Kembangkan Potensi Basis-Basis Ekonominya

Surabaya, 24/12/2016 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menutup rangkaian Nahdlatul Ulama (NU) Expo yang diselenggarakan Lembaga Perekonomian Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPNU) di Jatim Expo, Surabaya, pada Sabtu (24/12). Kegiatan NU Expo tersebut diselenggarakan selama tanggal 21-24 Desember 2016.

Dalam sambutannya, Menkeu memaparkan kondisi ekonomi yang dihadapi oleh Indonesia serta program kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. Selain itu, Menkeu meminta agar LBNU dapat melihat dan mengembangkan kembali potensi dari basis-basis ekonomi NU yang dapat diintegrasikan. Kedepannya, Menkeu berharap ada wujud nyata tindak lanjut dari kegiatan ini.  

“Bagaimana dan apa yang bisa dilakukan, sehingga pemerintah juga mampu untuk bisa secara sangat spesifik membantu. Tidak hanya selalu memberikan uang langsung tunai karena yang dipentingkan pemberdayaan”, kata Menkeu.

Ia juga menambahkan agar kegiatan tersebut dapat berjalan berkelanjutan, sehingga akan terbentuk pangsa pasarnya. Hal lain yang perlu dilakukan adalah memberdayakan para pelaku ekonomi, baik yang berkaitan dengan ekspor maupun usaha kecil menengah (UKM) agar memilki financial literate atau pemahaman keuangan yang lebih baik.     

“Peranan dari NU untuk betul-betul memberdayakan dan menjaga masyarakat Indonesia untuk tidak hanya memiliki partisipasi, tetapi juga mampu untuk menjadi agen ekonomi yang produktif itu luar biasa penting”, jelas Menkeu.

Sebagai penutup sambutan, Menkeu berharap kedepannya agar terjalin kerja sama yang baik antara pemerintah dan NU, sehingga dapat menciptakan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. (kpp)