Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

UMi, Sinergi Pemerintah untuk Ekonomi Rakyat

Malang, 05/01/2018 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati merasa senang dapat hadir dan menyaksikan sendiri penyaluran program kredit Ultra Mikro (UMi). Hal tersebut disampaikannya dalam acara Dialog Menteri Keuangan dengan Nasabah Pembiayaan UMi Kota Malang bertempat di halaman depan Pasar Besar Kota Malang pada Kamis (04/01).

Pembiayaan UMi bertujuan agar program-program pemerintah bersinergi dalam pemberdayaan ekonomi rakyat. "Jadi saya terima kasih, hari ini bisa mendapatkan kesempatan untuk lihat penyerahan pinjaman usaha mikro yang disalurkan melalui Koperasi Sidogiri dan PT. Pegadaian," kata Menkeu dihadapan kurang lebih 200 debitur UMi dari Koperasi BMT Sidogiri dan PT Pegadaian.

Pembiayaan UMi merupakan program tahap lanjutan dari program bantuan sosial menjadi kemandirian usaha yang menyasar usaha mikro yang berada di lapisan terbawah yang belum bisa difasilitasi perbankan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan pembiayaan paling banyak Rp 10 juta per nasabah.

"Bagaimana kita bisa menyalurkan dana kepada para pelaku usaha, ke pengusaha kecil. Tadi yang saya lihat jual ayam, ada yang tadi jualan sendal, ada yang jualan es degan. Tadi itu dia butuhnya sudah 5 juta maksimum 10 juta, bahkan ada yang 3 juta pinjamnya bisa 4-5 bulan dan diputer," ungkap Menkeu yang sebelum acara dimulai juga menyempatkan diri berbincang dengan beberapa pedagang di Pasar Besar kota Malang.

Dalam program UMi ini yang diutamakan adalah pemberian kemudahan dan kecepatan dalam proses pemberian pinjaman serta pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) untuk mengawal ke tempat sasaran.

"Semoga seluruh usaha-usaha ultra mikro ini tetap bisa berjalan dengan baik dan ekonomi masyarakat betul-betul bisa terbantu oleh upaya ini. Terima kasih semuanya yang sudah bekerja luar biasa dan semoga ikhtiar kita mendapatkan ridho dan juga karunia dari Allah subhanahu wa ta'ala," pungkas Menkeu. (ip/nr)