Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Upaya Efisiensi Customs Clearance oleh DJBC Dapat Apresiasi Positif

Jakarta, 23/05/2014 MoF (Fiscal) News - Ketua Tim Pelaksana Peningkatan Kelancaran Arus Barang Ekspor dan Impor yang juga Wakil Sekretaris Kabinet Ibnu Purna mengapresiasi inisiatif Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk menyelenggarakan pembahasan terkait upaya efisiensi customs clearance.


Sebagai informasi, pada Rabu (21/5) lalu, DJBC menyelenggarakan kegiatan mini laboratorium (minilab) untuk membahas upaya efisiensi customs clearance di Pelabuhan Tanjung Perak. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Pertemuan Pendahuluan Laboratorium Pemangku Kepentingan yang telah berlangsung pada Rabu (14/5).


Kegiatan minilab pemangku kepentingan ini dilakukan untuk mencari upaya terobosan koordinasi yang bersifat komprehensif dan integratif dalam menyelesaikan permasalahan, khususnya yang terkait dengan dwelling time. Pada acara yang berlangsung selama tiga hari, yakni pada 21-23 Mei 2014 tersebut, tim Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tanjung Perak akan membedah permasalahan dwelling time, khususnya customs clearance dengan dipandu oleh fasilitator diskusi dari Tim Pengelola Transformasi Kelembagaan DJBC.


Seperti diketahui, upaya efisiensi dwelling time merupakan hal strategis. Tidak hanya terkait dengan kinerja logistik nasional, upaya tersebut juga berimplikasi terhadap perekonomian nasional, posisi daya saing Indonesia, dan persiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (AEC) pada 2015 mendatang. Untuk mengefisienkan dwelling time di seluruh tahapan, perlu terobosan koordinatif antar-pemangku kepentingan yang melibatkan unsur pemerintah dan dunia usaha.(wa)