Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Upaya Pendalaman Pasar Keuangan Melalui SBR002

Jakarta, 29/04/2016 Kemenkeu - Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, salah satu tujuan penerbitan SBR002 adalah sebagai upaya pendalaman pasar keuangan. “Financial deepening (pendalaman pasar keuangan) kucinya variasi instrumennya semakin banyak. Nah, ini (SBR002) berbeda dengan ORI dan Sukri, namun punya fitur yang menguntungkan untuk masyarakat,“ jelas Menkeu saat peluncuran SBR002 di Jakarta, Kamis (28/04).


Dalam kali kedua peluncuran Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR002, tema yang diusung adalah Investasi Aman, Pesisir Nyaman, terkait dengan pelestarian lingkungan hidup. Dengan membeli SBR002, maka masyarakat dapat ikut membantu berkontribusi dalam rehabilitasi Hutan Mangrove di Pesisir Pantai Indonesia.


Sementara itu, dalam penjualan Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR002 ada total 24 agen penjual yang terdiri dari 18 Bank dan 6 Perusahaan Sekuritas. Ke 18 Bank tersebut adalah Citibank, N.A.; Bank ANZ Indonesia; Bank Bukopin, Tbk.; Bank Central Asia, Tbk.; Bank CIMB Niaga, Tbk.; Bank Danamon Indonesia, Tbk.; Bank DBS Indonesia; Bank Mandiri (Persero), Tbk.; Bank Maybank Indonesia, Tbk.; Bank Mega, Tbk.; Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.; Bank OCBC NISP, Tbk.; Bank Panin, Tbk.; Bank Permata Tbk.; Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.; Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk.; Standard Chartered Bank; serta The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited.


Untuk 6 perusahaan sekuritas yang ikut ambil bagian dalam penjualan SBR002 adalah Danareksa Sekuritas; Indo Premier Securities; Mega Capital Indonesia; MNC Securities; Sucorinvest Central Gani; serta Trimegah Securities, Tbk. (as)