Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Waduk Logung Kudus Direncanakan Rampung Tahun 2018

Kudus, 20/02/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan  ke Waduk Logung yang berlokasi di Dukuh Slalang Desa Tanjungrejo Kecamatan Jekulo dan Dukuh Sintru Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Jawa Tengah pada Jumat (17/02).

"Ini merupakan salah satu bentuk proyek dimana peranan pemerintah daerah perlu diberikan apresiasi yang tinggi karena pemerintah daerah melakukan pembebasan tanah terdiri dari 90 persen. Jadi kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang baik seperti ini perlu untuk diteruskan sehingga kita selalu bisa melakukan perencanaan proyek dan kemudian pembiayaannya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh proyek tersebut," ujar Menkeu.

Latar Belakang pembangunan Waduk Logung adalah sebagian besar masyarakat kabupaten Kudus hidup dari pertanian dan di musim kemarau sering mengalami kekeringan.

"Saya rasa dari sisi tadi jumlah berapa tahun penyelesaian proyek atau dan nanti manfaatnya bagi masyarakat, tadi terlihat dari mulai jumlah  lahan yang bisa diirigasikan, kemudian juga jumlah persediaan air baku ini juga sangat penting bagi masyarakat untuk 150.000 kepala keluarga, ini merupakan salah satu bentuk proyek yang secara sosial memiliki nilai yang sangat tinggi dan juga untuk secara ekonomi sangat mendukung kabupaten Kudus ini yang merupakan salah satu sumbangan ekonomi yang terbesar di Indonesia," tambah Menkeu.

Pada kesempatan yang sama Menteri PUPR menjelaskan bahwa pekerjaan pembangunan Waduk Logung ini 100% hasil karya anak bangsa "Ini semua pekerjanya Indonesia, kontraktor Indonesia" pungkasnya. (ip/nr)