Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo memberikan keynotespeech dalam Seminar Nasional Internal Audit yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) dengan tema “The Auditor of The Future: Trusted and Influencing Advisor” di Hotel Tentrem, Yogyakarta pada Kamis, (19/04).

Wamenkeu: Auditor Internal Harus Berkontributisi Bagi Organisasi

Jogjakarta, 20/04/2018 Kemenkeu - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo mengatakan bahwa auditor internal harus berkontribusi dan bermanfaat bagi organisasinya. Ia menyampaikan pernyataan tersebut dalam Seminar Nasional Internal Audit yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) dengan tema “The Auditor of The Future: Trusted and Influencing Advisor” di Hotel Tentrem, Yogyakarta pada Kamis, (19/04). 

“Justru jangan jaim, mentang-mentang internal auditor malah membuat jarak, tidak mau berkolaborasi berintegrasi (dengan organisasi),” katanya.

Ke depan, Wamenkeu juga berharap bahwa auditor internal dapat berdiri sejajar dengan puncak pimpinan organisasi dalam hal menentukan arah organisasi.

“(Auditor internal) ikut membuat roadmap, blue print. Sehingga posisinya di depan. Tidak hanya mengoreksi apa yang sedang terjadi," paparnya. 

Untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya perhatian terhadap posisi auditor internal dalam organsiasi. Ia memberi contoh untuk Kementerian atau Lembaga, peran internal audit tidak akan maksimal apabila pemimpinnya hanya berada di Eselon II atau III. 

Untuk itu, menurutnya perlu dibangun manajemen trust. Caranya, pertama dari individu auditor internal itu sendiri membangun integritas supaya bisa dipercaya oleh orang lain. Kemudian bagaimana auditor internal bisa menciptakan lingkungan yang saling mempercayai. 

“Tapi tetap dimulai dari diri sendiri. Kalau kita malah ikut-ikutan tidak memberikan integritas yang baik, ya tidak akan bisa dipercaya. Kita ini harus menunjukan peran mulai dari planning hingga solusi,” lanjut Wamenkeu.

Terakhir, dalam melaksanakan tugasnya, peran auditor internal harus terus ditingkatkan yaitu memberikan panduan bagi organisasi dari hasil kerja yang professional.  

“Kita sekarang ada di era perubahan dan lebih maju, ada automasi. Kita hidup di era yang modern, tidak statis, dengan IT-based. Kalau (peran auditor internal) tidak ditingkatkan, lama-lama (auditor internal) akan ditinggalkan,” pungkasnya. (fin/ind/nr)